-->

Cara Nonaktifkan Login setelah Sleep di Windows 7

Asslamualaikum Wr. Wb.

Keamanan merupakan salah satu hal yang penting dalam penggunaan Sistem Operasi khususnya Windows 7. Kebijakan seorang pengguna untuk mengamankan sistem operasi yang digunakannya memang perlu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dari pengguna yang tidak memiliki ijin untuk menggunakannya. Tapi bagi sebagian orang fasilitas login yang disediakan Windows dirasa tidak perlu, khususnya jika login diminta saat komputer diaktifkan setelah sleep. Ada cara mudah untuk menonaktifkan login setelah sleep yang akan kita bahas di edisi ini.

Login Otomatis setelah Sleep

Ketika nanti login setelah sleep dinonaktifkan, maka ketika komputer dinyalakan dari kondisi sleep, desktop Windows langsung muncul dan bisa digunakan.

Pengaturannya adalah sebagai berikut:
1. Buka Control Panel dan pilih Power Options.
power-options

2. Pada panel sebelah kiri, Klik Requiere a password on wake up.
require-password

3. Pada bagian bawah jendela pengaturan yang terbuka, pilih Don’t require a password pada bagian Password protection on wakeup.

Maka ketika sobat suatu saat ingin mengaktifkan login kembali, pilih Require a password agar setelah sleep ada autentikasi login dari penggunanya.
4. Klik Save changes untuk mengakhiri pengaturan

Kapan login otomatis diperlukan?

Login otomatis setelah sleep dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuka desktop tanpa harus mengisi password terlebih dahulu. Cara ini disarankan jika sobat tidak mempersilahkan orang lain untuk mengakses komputer sobat, misalkan keluarga atau teman sekamar yang sudah anda percaya. Tapi untuk komputer yang ada di lingkungan kerja, maka ada baiknya fasilitas login tetap diberikan agar tidak ada orang yang mengacak-acak pekerjaan sobat.

Keamanan data dan sistem pada komputer sejatinya tidak hanya terletak pada sistem itu sendiri, melainkan dari kebijakan penggunanya yang menentukan lemah tidaknya suatu keamanan komputer. 
Semoga bermanfaat (^_^).


Comments